Israel Mengaku ‘ikuti aturan’ Saat Membunuh Warga Gaza

GAZA — Militer Israel mengatakan penyelidikan internal menunjukkan militer bertindak sesuai dengan peraturan internasional selama operasinya di Gaza tiga bulan lalu.

Hasil penyelidikan itu menyebutkan memang ada sejumlah kesalahan, seperti kematian 21 warga yang menempati rumah dan kemudian menjadi sasaran yang salah, tetapi hal itu, kata laporan militer Israel, “tidak bisa dihindarkan”.

Militer Israel mengatakan para militan di Gaza menggunakan warga sipil sebagai tameng.

Berbagai kelompok hak asasi manusia mengatakan Israel melakukan kejahatan perang dan mengatakan diperlukan penyelidikan eksternal yang lebih luas.

Israel menghadapi tuduhan telah melakukan operasi secara tidak proporsional dan berlebihan selama konflik tiga minggu, Januari lalu.

Palestina mengatakan lebih dari 1.400 penduduk Gaza terbunuh, lebih dari dua pertiganya adalah warga sipil. Jumlah korban tewas menurut versi Israel lebih rendah, 1.166 orang yang dua pertiganya adalah pejuang.

Sepuluh tentara Israel tewas dan tiga warga sipil juga terbunuh dalam serangan roket.

Kontroversial

Penyelidikan internal militer Israel ini mencakup beberapa insiden yang paling kontroversial dan tuduhan-tuduhan selama perang, termasuk tembakan artileri di dekat sekolah PBB pada tanggal 6 Januari.

PBB mengatakan sekitar 42 orang terbunuh dalam insiden itu tetapi para penyelidik militer Israel mengatakan hanya 12 orang terbunuh, lima diantaranya mereka sebut sebagai “mata-mata teror”.

Tentang serangan terhadap rumah seorang dokter Palestina, Izzeldeen Abuelaish, yang menewaskan tiga putrinya, militer Israel mengatakan tentaranya menyerang “orang-orang yang mencurigakan” di rumah itu dan telah meminta keluarga tersebut untuk pergi beberapa hari sebelumnya.

Militer Israel juga mengatakan penggunaan fosfor putih yang menyebabkan luka bakar parah, sepenuhnya legal.

Wartawan BBC di Yerusalem, Paul Wood mengatakan penyelidikan ini tidak akan memuaskan pihak-pihak yang menentang Israel.

Kelompok hak asasi manusia internasional, Human Rights Watch, mengecam kesimpulan Israel ini dengan mengatakan hal tersebut merupakan penghinaan bagi warga Gaza yang tewas dan merupakan hal yang memalukan bagi para perwira Israel yang benar-benar memandang penting keadilan militer.

Sementara itu, 10 organisasi hak asasi manusia Israel meminta agar diadakan penyelidikan eksternal dan menyerukan kepada Israel untuk bekerjasama dalam penyelidikan PBB.

-republica.co.id-

TrackBack Identifier URI

  • Laman

  • Al-Qur’an Site

    “Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.” An-Nisa’:142
  • Mutiara Nasihat

    Saudara-Ku.. Dalam Perjalanan Dakwah ini, ada yang mengeluh, merasa jenuh, ingin gugur dan jatuh. Ia berkata "Aku Lelah". Namun, ada juga orang-orang yang tubuhnya lelah, pikirannya penat, problem hidupnya banyak, ekonominya pas-pasan, tetapi semangatnya kuat! Ia Berkata "LILLAH" karena Allah.. Maka ikhlaskanlah saudara-Ku! Sebab bila tidak kau akan tersakiti.. Untuk semua saudaraku yang merasa dirinya "dikhianati" oleh dakwah, yakinlah, kembalikanlah semua amal dan dakwah kita kepada pemilik dakwah ini.. Jangan berhenti berjuang! Jangan berhenti menasihati! Dan jangan pernah berhenti untuk melangkah bersama!! Sebab kita beramal bukan untuk manusia, bukan untuk golongan, bukan untuk organisasi, bukan untuk partai.. Semua ini hanyalah sarana untuk mencapai ridho-Nya!!
  • Hadist Corner

    Dari Abu Hurairah, yaitu Abdur Rahman bin Shakhr رضي الله عنه, katanya: Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda: "Sesungguhnya Allah Ta'ala itu tidak melihat kepada tubuh-tubuhmu, tidak pula kepada bentuk rupamu, tetapi Dia melihat kepada hati-hatimu sekalian." (Riwayat Muslim)
  • Kotak Ngoceh..