Kebiasaan Menunggu Adzan

Rasulullah SAW pernah bersabda : “Ada tiga kelompok manusia yang pada hari Kiamat kelak akan ditempatkan di bukit Misik Adzfar (Bukit pasir yang menebar aroma wewangian misik), dimana mereka tidak memperdulikan hisab dan tidak merasa takut hingga selesainya pemeriksaan seluruh amal manusia. Mereka itu adalah orang-orang yang gemar membaca al-Qur’an karena mengharap keridhaan Allah Ta’ala semata. Juga orang-orang yang diuji (oleh Allah) dengan status sebagai budak ketika berada didunia, namun hal itu tidak membuat mereka lalai dari melakukan amalan akhirat. Dan orang-orang yang menyerukan panggilan untuk menegakkan shalat (muadzin).” HR. Al-Mundziri. Saudaraku seiman yang dirahmati Allah. Kadang kala kita begitu malas untuk datang ke masjid lebih awal dengan berbagai alasan. Padahal banyak sekali keutamaan yang akan kita dapat.. “Apabila datang hari Jum‘at, maka setiap pintu masjid ada Malaikat yang mencatat orang-orang yang masuk mengikut urutannya. Apabila imam telah duduk (di atas mimbar), para Malaikat menutup buku catatan mereka dan datang untuk mendengarkan zikir (khutbah). Perumpamaan orang yang hadir ke masjid lebih awal adalah bagaikan orang yang menyembelih hadyi (korban) seekor unta, kemudian seperti menyembelih seekor sapi, kemudian seperti menyembelih seekor kambing, kemudian seperti menyembelih seekor ayam, kemudian seperti orang yang memberikan sedekah sebiji telur”. HR. Muslim Selain itu datang lebih awal ke masjid/musholla memiliki banyak keutamaan lain. Kadang-kadang pabila kita hadir duluan di masjid kita berkesempatan untuk membaca Al-Qur’an terlebih dahulu, merujuk kembali referensi utama kehidupan umat manusia itu+dpt pahala juga euy.. Selain itu, kadang kita juga berkesempatan untuk membentangkan sajadah bagi orang-orang. Eh, jangan dinilai sepele loe! Ini merupakan amal jariyah. Ketika kita membentangkan sajadah untuk orang lain, dan orang lain beribadah ditempat itu. Insya Allah kita akan mendapatkan bagian pahalanya! Amien. Subhanallah sekali khan? Dan yang terakhir diantara keutamaan lain yang baru dapat kita ketahui adalah kita berkesempatan untuk mengumandangkan adzan. Rasulullah saw. juga pernah bersabda, “Tangan (pemeliharaan) Allah Yang Maha Pemurah itu berada di atas kepala orang-orang yang menyerukan panggilan untuk menegakkan sholat (para muadzin), hingga mereka selesai dari seruan itu (azan). HR. Al-Mundziri. Ada pendapat yang mengatakan, bahwa yang dimaksud dengan firman Allah Ta’ala.. “Wa man ahsanu qaulammimanda’a ilallaulah” “Siapakah yang lebih baik perkataannya dari pada orang yang menyeru kepada Allah.” -Fushilat : 33- Orang yang dimaksud adalah muadzin..

TrackBack Identifier URI

  • Laman

  • Al-Qur’an Site

    “Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.” An-Nisa’:142
  • Mutiara Nasihat

    Saudara-Ku.. Dalam Perjalanan Dakwah ini, ada yang mengeluh, merasa jenuh, ingin gugur dan jatuh. Ia berkata "Aku Lelah". Namun, ada juga orang-orang yang tubuhnya lelah, pikirannya penat, problem hidupnya banyak, ekonominya pas-pasan, tetapi semangatnya kuat! Ia Berkata "LILLAH" karena Allah.. Maka ikhlaskanlah saudara-Ku! Sebab bila tidak kau akan tersakiti.. Untuk semua saudaraku yang merasa dirinya "dikhianati" oleh dakwah, yakinlah, kembalikanlah semua amal dan dakwah kita kepada pemilik dakwah ini.. Jangan berhenti berjuang! Jangan berhenti menasihati! Dan jangan pernah berhenti untuk melangkah bersama!! Sebab kita beramal bukan untuk manusia, bukan untuk golongan, bukan untuk organisasi, bukan untuk partai.. Semua ini hanyalah sarana untuk mencapai ridho-Nya!!
  • Hadist Corner

    Dari Abu Hurairah, yaitu Abdur Rahman bin Shakhr رضي الله عنه, katanya: Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda: "Sesungguhnya Allah Ta'ala itu tidak melihat kepada tubuh-tubuhmu, tidak pula kepada bentuk rupamu, tetapi Dia melihat kepada hati-hatimu sekalian." (Riwayat Muslim)
  • Kotak Ngoceh..